Sabtu, 02 Februari 2013

Pembentukan Komite

Kapedi, Sabtu 02 Januari 2013
PEMBENTUKAN KOMITE MUDA
Guru-guru, beberapa orang tua siswa dan tokoh masyarakat berkumpul di SDN Kapedi II. Mereka melaksanakan musyawarah pembentukan Komite Sekolah.
Musyawarah yang menempati gedung baru tersebut menetapkan K. Suroto sebagai ketua Komite. K. Suroto terpilih sebagai ketua secara aklamasi. Ketika memilih ketua, peserta musyawarah secara serentak memilihnya.
Terpilihnya K. Suroto dalam pemilihan Komite Sekolah kali ini mengokohkan dia untuk memimpin komite yang kedua kalinya. Pada era kepemimpinan kepala sekolah sebelumnya, ia juga dipercaya sebagai komite.
Kepercayaan masyarakat kepada K. Suroto untuk mengomandani komite didasarkan pada kapasitasnya yang juga sebagai pendidik. Beliau sudah lama bergumul dalam dunia pendidikan. Beliau sebagai pengasuh pesantren yang mengelola berbagai pendidikan agama memiliki modal ilmu dan pengalaman untuk memimpin komite ini.
Selain memilih ketua, musyawarah juga berhasil menetapkan jabatan-jabatan lain dalam struktur organisasi komite ini. Sekretaris, bendahara, seksi pendidikan, seksi PHBI, seksi keamanan, dan seksi sosial kemasyarakatan terbentuk dalam rapat tersebut.
Abdul Bari dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya peran komite dalam mengembangkan sekolah. “Mudah-mudahan komite dapat bersinergi meningkatkan kuantitas dan kualitas sekolah.” Demikian harapan yang disampaikan oleh kepala sekolah anyar tersebut.
Koordinasi dan komunikasi antara sekolah dan komite akan dilakukan secara intensif. Pertemuan di agendakan akan dilaksanakan secara periodik. Hal ini dilakukan agar keberadaan komite bukanlah hanya sebatas formalitas melainkan benar-benar akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
Anggota komite yang hampir seluruhnya dalam usia produktif dinilai positif oleh K. Suroto. “Jiwa muda anggota komite akan lebih banyak berbuat ....” beliau memberikan semangat pada anggotanya pada akhir acara sebelum ia menutup dengan do’anya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar