Senin, 02 Juli 2012

Wisata Sekolah


WISATA SEKOLAH GRATIS

Impian kelas enam SDN Kapedi II tahun pelajaran 2011/2012 untuk berwisata menjadi nyata. Kepala sekolah telah memberi persetujuan dan menetapkan hari untuk berwisata.

Tepat pukul enam pagi, di hari Kamis, 27 Juni 2012 mereka berangkat dari halaman sekolah. Pada saat berangkat, mereka diantar oleh orang tua mereka hingga masuk mobil. Tidak cukup mengantar anaknya masuk ke mobil, para orang tua itu menunggu sampai mobil yang membawa anak mereka berangkat.

Siswa yang ikut berwisata berjumlah sebelas anak. Mereka semua kelas enam yang telah dinyatakan lulus. Selain siswa, hampir seluruh guru SDN Kapedi II juga turut serta dalam wisata tersebut sekaligus mendampingi siswa.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi tujuan utama wisata siswa kali ini. Di sana mereka akan melihat langsung binatang-binatang yang terancam punah atau langka. Selama ini mereka hanya melihat gambar binatang-binatang yang dilindungi pemerintah itu di buku saja. Dari KBS mereka akan melanjutkan wisatanya ke makam Sunan Ampel.

Dalam mengikuti wisata kali ini, para siswa tidak dipungut biaya apapuan. “Semua dibayari sekolah, termasuk makan malam bahkan mereka diberi uang saku” demikian ungkap Bapak Abd. Samad selaku kepala sekolah SDN Kapedi II.

Bukan hanya siswa yang dapat mengikuti wisata dengan gratis, guru-guru sukwan yang ikut serta dalam wisata juga tidak ditarik biaya sepeserpun. Semua dibiayai dari anggaran sekolah dan partisipasi guru PNS. Kebetulan guru PNS baru menerima gaji ke 13 sehingga mereka ingin menyisihkan sebagian pendapatannya untuk wisata sekolah ini.

Wisata kali ini merupakan wisata yang bersejarah bagi SDN Kapedi II. Sebelumnya tujuan wisata siswa-siswa hanya obyek wisata kabupaten seperti Museum Keraton Sumenep dan Asta Tinggi.

Selain karena wisata kali ini merupakan wisata pertama ke luar daerah, wisata ini menjadi pengalaman baru karena baru kali wisata sekolah diikuti hampir seluruh guru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar